Puding Lezat Ramah Lingkungan

Post date :

2

Mungkin kita tidak pernah sadar bahwa ketika kita memakan mangga ada suatu hal yang terlewatkan. Kebanyakan ketika memakan buah mangga, kita membuang kulit mangga tersebut dan hanya memakan buahnya. Padahal menurut dari penelitian kami yang dilakukan tentang kandungan buah mangga, kulit mangga mengandung berbagai  macam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.Salah stunya adalah adanya kandungan pektin. Mungkin sebagian orang jarang mendengar nama ini , akan tetapi pektin meiliki manfaat bagi tubuh manusia , yaitu pektin mampu mencegah berbagai kanker dan dapat mengurangi stres(anti stres). Didalam kulit mangga mengandung 12,2-21,2% pektin. Selain itu kulit mangga juga memiliki daya antihelmentik yang bermanfaat untuk mengobati cacingan pada anak. Kulit mangga ternyata salah satu anti oksidan yang tinggi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ajila (2007), menganalisis tentang antioksidan yang terkandung dalam kulit mangga menyebutkan bahwa : Polifenol (diukur melalui metode FC) berkisar 90-110 mg / g dalam kulit mentah dan 55-100 mg / g dalam kulit matang.Jumlah karotenoid (diukur melalui absorbansi pada 470nm) berkisar 74-436 mg / g. Anthocyanin (diukur melalui absorbansi pada 510nm), berkisar 203-326 mg/100g di kulit mentah dan 360-565 mg/100g di kulit matang. Zat-zat diatas merupakan zat antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas di dalam tubuh kita serta polifenol dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Masih banyk kandungan dan manfaat lain dari kulit mangga, tetapi pada artikel ini akan memaparkan tentang bagaimana memanfaatkan kulit mangga sehingga kita  bisa mengurangi limbah dan kita pun mendapat manfaat dari kuit mangga. Dalam sebuah penelitian, mencoba mengubah kulit mangga menjadi bahan campuran pembuatan puding agar dapat dimakan/dimanfaatkan oleh seluruh kalangan masyarakat. Cara pembuatan puding dari kulit mangga sebagai berikut :

1. Bersihkan dan ambil bagian kulit yang menempel pada daging mangga

2. Cuci kulit mangga, kemudian rebus 250 gram kulit mangga dengan 300 ml air selama15 menit

3. Blender hasil rebusan tersebut dengan menambahkan 100 ml air

4. Tuangkan sebungkus agar-agar ke dalam panci dengan 4 gelas air minum (900 cc) dan 120 gram gula (atau sesuai selera), dimasak hingga mendidih sambil diaduk

5. Tambahkan kulit mangga yang sudah dihaluskan dengan persentase jumlah kulitmangga 20% dimasak hingga mendidih sambil diaduk.

6. Tuangkan ke dalam cetakan dan biarkan hingga dingin, simpan dalam lemari pendingin

7. Pukulima(Puding kulit mangga ) siap untuk disajikan dalam keadaan dingin.

8. Kita bisa menambah hiasan sesuai selera kita misal , kita beri susu,coklat,dll

Selain kita dapat mengurangi limbah yang ada, para pengusaha makanan yang menggunakan bahan kulit mangga dapat sebagai pendapatan tambahan. Enak kan ? Selamat mencoba :)

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com